55 views

Laporan: Firman Hakim

Cimahi,HMInews- Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda tahun 2018, Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat menggelar kegiatan deklarasi mengenai bahaya hoax pada minggu (28/10/2018) di Hotel Simply Valore.

Acara tersebut diikuti para mahasiswa dan masyarakat Kota Cimahi. turut hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Kota Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara beserta jajarannya.

Ketua Umum Badko HMI Jawa Barat Khoirul Anam Gumilar Winata menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan sharing knowladge dan edukasi bagi mahasiswa dan masyarakat. Dirinya mengajak seluruh entitas mahasiswa dan masyarakat di jawa Barat, terkhusus Kota Cimahi untuk bersama- sama melawan dan menolak hoax.

Hal itu ia tegaskan, bahwa upaya menangkal hoax dapat diwujudkan dengan tidak bertindak reaksonis terhadap berita yang belum tentu kebenarannya.

“Kita pun harus cerdas dalam menilai segala bentuk pemberitaan yang tersebar di masyarakat” Paparnya.

Khoirul Anam yang akrab disapa Anam menjelaskan lebih lanjut, bahwa perlu disadari sebgai mahasiswa yanng juga disebut Rausyan Fiqr (Kelompok yang tercerahkan), Agent Of Change dan agent of social control dituntut menjadi motor perubahan di setiap zamannya.

“Apalagi dalam pesta demokrasi 2019, mahasiswa adalah entitas yang ideal untuk mengambil peran filtrasi segala jenis informasi yang tersebar di masyarakat” jelasnya.

Kapolres berpesan kepada semua mahasiswa dan masyarakat yang hadir, bahwa dalam mengantisipasi jenis informasi yang belum jelasharus diverifikasi kepada pihak- pihak yang memiliki kapasitas menilai suatu informasi tersebut benar atau salah.

“Saya sangat mengapresiasi atas semangat Badko HMI Jabar dalam menyelenggarakan kegiatan ini” Pungkasnya.

Acara ini pun ditutup dengan pernyataan sikap deklarasi anti hoax yang diikuti pengurus Badko HMI Jawa Barat, Kapolres Kota Cimahi, Mahasiswa dan Masyarakat Kota Cimahi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *